Gangga Waterfall

00:43

Gangga Waterfall merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Lombok Utara, nama asli dari air terjun ini adalah Kerta Gangga Waterfall, seperti papan nama yang ada di pintu masuk tetapi orang-orang lebih mengenalnya dengan nama Gangga Waterfall.

Setibanya di lokasi, kita akan disambut oleh pemandangan gunung dan hamparan sawah yang terletak di lokasi parkir kendaraan pengunjung. Untuk biaya parkir sendiri kalau tidak salah Rp 5000 per motor, namun untuk biaya parkir mobil aku sendiri kurangtau karena pada saat itu kami datang kesana dengan mengendarai motor. Selain itu tidak ada lagi biaya tambahan yang perlu dibayarkan. Terdapat sebuah warung sederhana yang dibuka oleh pengelola Gangga Waterfall, jadi kalau mau makan siang sambil menikmati pemandangan atau sekedar ngopi ngopi santai setelah sedikit hiking, kita bisa istirahat disana. Di tempatini juga terdapat musholla dan toilet, tetapi kondisinya sendiri kurang terawat dan untuk toiletnya tidak ada lampunya

Sayang sekali saat kami datang kesana sawah yang ada tidak sedang dalam masa tanamnya sehingga tidak ada padi hijau yang tampak, tapi tetap saja pemandangan gunung yang ada disana tetap terlihat indah.



Untuk menuju ke air terjun, perjalanan yang kita lalui masih panjang. Dari lokasi parkir kita akan berjalan luruuus terus dengan kondisi jalan tanah. Jalan awalnya sih masih rata, tetapi berliku. Jadi untuk menikmati pemandangan dari atas memang harus sedikit berjuang. Setelah itu akan ada jembatan yang terletak di depan air terjunnya, jadi bisa banget tuh kalau mau foto di depan air terjunnya langsung. Karena kami datang kesana saat musim hujan, jadi aliran air yang turun sangatlah deras sehingga kita tidak bisa melewati jembatan dan akan basah kuyup apabila memaksakan. Tetapi ada jalan lain yang bisa dilalui apabila ingin melanjutkan perjalanan untuk menuju ke rumah pohon yang ada di bagian paling atas yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Kalau dari penjelasan diatas kesannya susah banget yah mesti lewat jalan tanah yang licin. Hehe tenang aja, ada juga kok tangga yang bisa dilewati untuk sampai keatas, tetapi memang tetap harus melewati jalan tanah juga. Akan ada cukup banyak anak tangga yang akan dilewati, jadi kalau mau datang kesini pastikan kondisi tubuh kamu prima yaa! 😊

Kalau mau kesini baiknya jangan musim hujan ya karena jalan tanah yang kita lalui akan sangat licin, kondisi disana juga dingin, dan cuaca tidak bisa diprediksi kapan hujan dan tidak. Kami sendiri merasakan kondisi dimana tiba-tiba hujan turun begitu berada dalam perjalanan menuju rumah pohon. Oh iya! Karena kondisi disana masih alami banget, ada banyak hewan yang mungkin kita gatau. Sangat disarankan memakai jaket saat berkunjung ke tempat ini. Hati-hati juga karena masih ada monyet liat, saat kita sedang berjalan ke atas… eh ada monyet berantem. Aduuhh serem banget dan akhirnya kita memutuskan untuk menghentikan perjalanan dan beristirahat di tempat isirahat yang telah disediakan.

Di tempat istirahat ini terdapat toilet, yah walaupun dengan kondisi yang sangat minim yaa. Dari tempat ini kita juga bisa foto-foto loh karena ada sawah membentang dengan latar pegunungan. Selain itu juga ada tangga yang dapat dilewati apaila ingin melihat bagian bawah air terjun. 






Eits, jangan salah! Walaupun ini bukan pantai tapi bukan berarti kita ga bakal ketemu warga negara asing loh! Saat akan turun dari perjalanan naik ke rumah pohon, kami ketemu sama 2 orang bule cewek yang juga sedang berjalan menuju tempat yang sama. Di perjalanan salah seorang diantaranya bertanya kenapa kami memilih turun dan tidak melanjutkan perjalanan. Setelah berdiskusi singkat dan memberitahu kondisi yang telah kami alami, akhirnya salah satu bule memilih untuk ikut turun bersama kami sedangkan bule yang satunya lagi tetap melanjutkan perjalanan. Penasaran kali ya gimana pemandangan dari atas. Nah ini dia nih bulenya. Kami sempat berbincang sebentar, katanya sih dia udah 3 hari ada di bali, kemudian nyebrang ke Lombok naik kapal dan berkeliling mengunjungi obyek wisata yang ada di pulau Lombok. Have a nice holiday sis! 😊


Walaupun ga sempat foto di rumah pohon tapi kita masih bisa foto dengan spot bunga-bunga cantik loh di depan pintu masuk. Ini dia nih foto keren hasil jepretan Rica. Suuuuper cute!



Jangan cuma baca sampai sini ya, karena aku bakal nulis cerita lagi di beberapa post setelah ini. Terimakasih sudah berkunjung 

You Might Also Like

0 comments